Intisari Karya Harun Nasution


INTISARI DARI KARYA-KARYA HARUN NASUTION


Judul Buku : Islam ditinjau dari Berbagai Aspeknya (1974).

Terdiri dari dua jilid, Jilid I, memperkenalkan Islam dari berbagai aspeknya. 6 bab. Bab 1) Agama dan pengertian dalam berbagai bentuknya; 2) Islam dalam pengertian yang sebenarnya; 3) Aspek ibadah; latihan spiritual dan ajaran moral; 4) Aspek sejarah dan kebudayaan; 5) Aspek politik; 6) Lembaga kemasyarakatan

Jilid II, terdiri dari 5 bab. Bab 1) Aspek hukum; 2) Aspek teologi; 3) Aspek filsafat; 4) Aspek mistisisme; 5) Aspek pembaharuan dalam Islam,

Buku ini menolak pemahaman bahw Islam itu hanya berkisar pada ibadat, fiqih, tauhid, tafsir, hadist, dan akhlak saja. Tetapi termasuk didalamnya, sejarah, peradaba, filsafat, mistisisme, teologi, hukum, lembaga dan politik.


Judul Buku : Teologi Islam, Aliran-Aliran, Sejarah, Analisa, dan Perbandingan (1977).

Bagian I Mengandung uraian tentang aliran dan golonga-golongan teologi, bukan hanya yang masih ada tetapi yang pernah terdapat dalam Islam, Khawarij, Murji’ah, Qadariah, Jabariyah, Mu’tazilah, Ahli Sunnah dan Jama’ah.

Bagian II Mengandung analisa dan perbandingan dari aliran tersebut, yang diperbandingkan bukanlah pendapat teologis terlepas pula dari sistem teologi aliran lain. Melainkan yang diperbandingkann adalah aliran dengan aliran lain, sehingga dapat diketahui aliran mana yang bersifat liberal, tradisional, atau liberal-tradisional.

Uraian termasuk sejarah, perkembangan dan perbandingan. Buku ini merupakan saripati dari disertasi Harun Nasution.


Judul Buku : Falsafat Agama (1978)

Buku ini merupakan kumpulan kuliah dari kuliah-kuliah yang diberikan harun di IAIN Jakarta, Menjelaskan epistomologi dan wahyu, ketuhanan, argumen-argumen adanya Tuhan, Roh, serta kejahatan dan kemutlakan Tuhan.


Judul Buku : Falsafat dan Mistisme dalam Islam (1978)

Bagian I Falsafat Islam dan Mistisme Islam (Tasawuf), Bagian Falsafat Islam menguraikan bagaimana kontak pertama antara Islam dan ilmu Pengetahuan serta falsafat Yunani yang kemudian melahirkan Filosof Muslim.

Bagian mistisme menguraikan bagaimana kedudukan tasawuf dalam Islam sebagai upaya mendekatkan diri pada Tuhan, dilengkapi pembahasan muqamat dan ahwal serta tokoh-tokoh sufi.


Judul Buku : Pembaharuan dalam Islam: sejarah pemikiran dan Gerakan (1978)

Berisi tentang simpulan harun tentang aliran modern dalam Islam, Membahas tentang pemikiran dan gerakan pembaharuan dalam Islam, yang timbul di zaman yang lazim disebut periode modern dalam sejarah Islam mulai dari Mesir, India dan Turki.


Judul Buku : Akal dan Wahyu dalam Islam (1980)

Menjelaskan pengertian akal dan wahyu dalam Islam, kedudukan akal dalam qur’an dan hadist, perkembangan ilmu pengetahuan dalam Islam, dan peranan akal dalam pemikiran keagamaan Islam.


Judul Buku : Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazilah (1987).

Merupakan terjemahan dari disertasi Harun yang berjudul “The Place of Reason in Abduh’s Theology, Its Impact on his Theological System and Views”.

Buku ini berisi tentang riwayat Muhammad Abduh, filsafat wujud, kekuatan akal, fungsi wahyu, faham kebebasan manusia dan fatalisme, sifat-sifat Tuhan, perbuatan Tuhan, dan konsep Iman.

Inti buku ini menjelaskan bahwa pemikiran teologi Abduh banyak persamaan dengan teologi kaum Mu’tazilah, bahkan dalam penggunaan kekuatan akal, Abduh jauh melebihi pemikiran Mu’tazilah.


Judul Buku : Islam Rasional (1995)

Buku ini merekam hampir seluruh pemikiran keIslaman Harun Nasution sejak tahun 1970 sampai 1994 (diedit oleh syaiful Muzani).

Intisari dari tulisan beliau yang berkesimpulan 1) agama rasional sebagai landasan bagi pandangan dunia dan moral Islam; 2) teologi rasional sebagai landasan bagi pembaharuan dan pembangunan umat; 3) masyarakat rasional sebagai landasan aspirasi sosial, politik dan hubungan antar agama; 4) budaya rasional sebagai landasan bagi pengembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan.

0 Comments